ITIL Foundation

ITIL Foundation v3

Information Technology Infrastructure Library adalah suatu rangkaian konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan TI. Nama ITIL dan IT Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar dari Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya. ITIL memberikan deskripsi detail tentang beberapa praktik TI penting dengan daftar cek, tugas, serta prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis organisasi TI.

Walaupun dikembangkan sejak dasawarsa 1980-an, penggunaan ITIL baru meluas pada pertengahan 1990-an dengan spesifikasi versi keduanya (ITIL v2) yang paling dikenal dengan dua set bukunya yang berhubungan dengan ITSM (IT Service Management), yaitu Service Delivery (Antar Layanan) dan Service Support (Dukungan Layanan).

Pada 30 Juni 2007, OGC menerbitkan versi ketiga ITIL (ITIL v3) yang intinya terdiri dari lima bagian dan lebih menekankan pada pengelolaan siklus hidup layanan yang disediakan oleh teknologi informasi. Dan kini telah diterbitkan juga ITIL v3 Foundation 2011 dengan ada beberapa perbaikan pada diagram dan konsep sekalipun masih bersifat sama dalam hal pemahaman. Kelima bagian tersebut adalah:

  1. Service Strategy
  2. Service Design
  3. Service Transition
  4. Service Operation
  5. Continual Service Improvement

Tujuan Pelatihan

  • Peserta mampu memahami konsep dari pengelolaan IT berbasis layanan (IT Service Management) berdasarkan framework IT Infrastructure Library (ITIL) versi 3. Beserta tambahan skenario studi kasusnya dan implementasi menggunakan ITSM software simulation
  • Peserta dapat melakukan analisis studi kasus ITIL dalam organisasi / perusahaannya baik secara team work atau perorangan
  • Peserta mengerti tahapan serta metodologi dalam mengimplementasikan konsep ITIL pada suatu organisasi / perusahaan berdasarkan prinsip dan model continual improvement yang terdapat dalam pelatihan.

Target Peserta

  • Data center manager
  • Operations /Floor / Facility Manager
  • Data center Engineers
  • Network / System Engineering
  • Data Center sales / Consultants
  • Other interest in Data Center Maintenance 

Prasyarat Peserta

  • Peserta yang memiliki keterlibatan dalam operasi Data Center dan memiliki kebutuhan untuk memahami komponen utama dan aspek operasi Critical Data Center yang penting dan pemeliharaan.

Konten

 

Contact

 
Jl. Pucang Anom Timur no 23, Surabaya 60282, jawa Timur, Indonesia
 
 
+62 31 501 9775
 
 
+62 31 501 9776
 
 
info@ebiz.co.id

Education Sales

  +62 811 330 8359
  melika@ebiz.co.id

Corporate Sales

  +62 811 330 434
  hera@ebiz.co.id
  +62 811 330 442
  ana@ebiz.co.id
  +62 811 356 7539
  farida@ebiz.co.id
  +62 811 356 7538
  elsa@ebiz.co.id